selamat datang di blog pribadi yang sangat sederhanana ini. saran dan masukannya saya sangat berharap dari para pengunjung yang merelakan sedikit waktunya hanya untuk melihat-lihat blog ini

tokoh falak




H. ABDUL SALAM NAWAWI
oleh: 
Adi Misbahul Huda
 Lukman

H. Abdul Salam Nawawi adalah sosok seorang ahli falak yang lahir di Pulau Garam Sampang Madura pada tanggal 17 Agustus 1957 M/20 Muharrom 1377 H. Ia menapak pendidikan formal Madrasah Ibtidaiyah di Sampang dan selesai pada tahun 1964. Kemudian  melanjutkan Studinya di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) yang di selesaikannya pada tahun 1975.

Dan tidak hanya di pendidikan formal saja, ia juga menapak pendidikan non-formal di Pondok Pesantren At Taroqqi Karongan Tanggumung Sampang 1970-1973. Setelah selesai dari pesantren ia masih haus ilmu terutama ilmu agama. Ia melanjutkan Studi Agama Islam di Perguruan Tinggi Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Dan meraih gelar Sarjana Syariah pada tahun 1984.

Sebagai seorang Sarjana lulusan Syariah dan dengan background yang dari Pesantren sangatlah kental dengan sikap religiusnya. Atas dasar inisiatif sendiri dan bentuk terimakasih beliau mengabdikan diri untuk mengajar di Almamaternya sendiri dan di beberapa Perguruan Tinggi yang berada di Jawa Timur.

Sejak tahun 1987-2000 ia berturut-turut menjabat sebagai Pembantu Dekan II. Pembantu Dekan I, dan Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Sunan Giri Surabaya, dan Sekertaris Jurusan Fakultas Syari’ah IAIN. Pada tahun 2013 s.d. sekarang sebagai  Ketua Prodi MHI PPs Universitas Sunan Giri Surabaya. Pada akhir 1977, ia mengambil Program Strata 2 di Universitas Islam Malang (UNISMA) yang deselesaikannya pada awal tahun 2001. Dan ia mendapatkan gelar Doktoral di pascasarjana IAIN Sunan Ampel.

Sosok H. Abdul Salam Nawawi sangatlah aktif dalam pelbagai Organisasi baik Organisasi yang berhubungan dengan akademisi atau yang berhubungan langsung dengan kemasyarakatan. Di lingkungan IAIN Sunan Ampel beliau menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mini Syariah (2007-skrg), dan Direktur Asuransi Mikro Syariah (2008-skrg), dan sebagai penanggungjawab Lembaga Bantuan Hukum (LBH) F. Syariah IAIN Sunan Ampel th.2008.

Ditempat kediamannya beliau aktif dalam Organisasi Kemasyarakatan yakni menjadi Pembina Kajian Islam Hanif Rewwin Sidoarjo, Pembina Jami’iyah Shalawat Sidi Muhammad Rewwin Sidoarjo, dan menjadi pembina Masjid ‘Aqoba Rewwin Sidoarjo. Di tengah kesibukannya, khidmahnya di PWNU Jawa Timur dimulai ketika pada tahun 1992 ia diangkat sebagai sekretaris Lajnah Falakiyah, kemudian sebagai Wakil Katib Suriyah pada tahun 1997. Kemudian  beliau juga menjadi Ketua Komisi Pengawas Badan Amil Zakat (BAZ) Jawa Timur.

Disamping profesi- profesi dan organisasi yang ditekuni, ia juga ahli dalam Ilmu Falak, yang  tidak bisa lepas dari kehidupannya. Dari keahliannya itu sehingga ia di angkat menjadi ketua Badan Hisab Rukyat Propinsi Jawa Timur.

Dengan kemahirannya di bidang falak beliau tidak hanya menjadi ketua Badan Hisab Rukyat (BHR) akan tetapi juga di angkat menjadi komisi Fatwa MUI Jawa Timur, Sekretaris Lajnah Falakiyah NU Jawa Timur (1992-1997), Wakil Katib pengurus wilayah NU Jawa Timur (1997-2002), dan ia menjadi Ketua Lajnah Falakiyah NU Jawa Timur dalam tiga periode (2002-2007) (2007-2008) dan (2008-2013), Wakil Ketua Lajnah Falakiyah Pengurus Besar NU (2009-2014).

Ia juga aktif dalam menulis buku maupun jurnal, buku-buku yang telah ditulis olehnya adalah Hisab Dikalangan NU MUHAMMADIYAH, Ilmu Falak: Hisab Waktu Salat, Arah Kiblat, dan Awal Bulan Qamariyah (Acuan Data Almanak Nautika), “Tasamuh; Doktrin Tatakrama Sosial Keberagamaan Islam” dalam Pembangunan Berwawasan Kesalehan: Membersihkan yang Lahir, Menyucikan Batin, Ilmu Falak: Cara Mudah Menghitug Waktu Salat, Arah Kiblat, dan Awal Bulan (Acuan Data Ephemeris Hisab Rukyat), Penentuan Awal Bulan Islam dalam Tradisi Fikih NU.

Dan Jurnal yang telah beliau tulis adalah “Sistem Kalender Islam dalam Perspektif Evolusi Syariah dalam ULUMUNA Jurnal Studi Keislaman, Vol. XII, No. 2, Desember 2008 (terakreditasi) penerbit IAIN Mataram, “Sejarah dan Dinamika Sosial Fiqih Tradisional di Indonesia” dalam ISLAMICA Jurnal Studi Keislaman, Vol. IV, No. 1, September 2009 (terakreditasi) Jurnal Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, “Pendekatan Hisab Astronomi dalam Penentuan Awal Bulan Islam (Perspektif Fikih) dalam SUNAN GIRI Jurnal Kajian Keislaman, Vol. I, No. 1, Juni 2012 (Non AKreditasi) J urnal Fakultas Agama Islam Universitas Sunan Giri Surabaya. Dan ia sekarang bersama isteri dan ke empat anak tersayangnya kini tinggal di Jl. Garuda VI/ 29 Rewwin Waru Sidoarjo Jawa Timur.
File Under:

0 komentar: